Gambar Proyeksi MBS

Perkerasan Lentur (Flexible Pavement)

 



Perkerasan lentur (flexible pavement) ialah perkerasan yang umumnya menggunakan bahan campuran beraspal sebagai lapis permukaan serta bahan berbutir sebagai lapisan di bawahnya. Konstruksi perkerasan terdiri dari:

Lapisan Permukaan (Surface Course) 

Lapisan permukaan ialah bagian perkerasan yang terletak paling atas. Fungsi lapis permukaan antara lain: 
  • Sebagai bahan perkerasan untuk menahan beban roda. 
  • Sebagai lapis kedap air untuk melindungi badan jalan dari kerusakan akibat air 
  • Sebagai lapisan aus (wearing course), yaitu lapisan yang langsung menderita gesekan akibat rem kendaraan sehingga mudah menjadi aus. 
Bahan untuk lapisan permukaan umumnya adalah sama dengan bahan untuk lapis pondasi, dengan persyaratan yang lebih tinggi. Penggunaan bahan aspal diperlukan agar lapisan dapat bersifat kedap air, di samping itu bahan aspal sendiri memberikan bantuan tegangan tarik, yang berarti mempertinggi daya dukung lapisan terhadap beban roda lalu lintas. 

Lapisan Pondasi Atas (Base Course) 

Lapisan pondasi ialah bagian perkerasan yang terletak antara lapisan permukaan (surface course) dengan lapisan bawah (sub base course) atau dengan tanah dasar bila tidak menggunakan lapisan pondasi bawah. Fungsi lapisan pondasi antara lain: 
  • Sebagai lapisan perkerasan yang menahan beban roda
  • Sebagai perletakan terhadap lapis permukaan 
Bermacam-macam bahan alam/bahan setempat (CBR ≥ 50%, PI ≤ 4%) dapat digunakan sebagai bahan lapis pondasi, antara lain : batu pecah, kerikil pecah dan stabilitas tanah dengan semen atau kapur. 

Lapisan Pondasi Bawah (Sub Base Course) 

Lapisan pondasi bawah ialah bagian perkerasan yang terletak antara lapisan pondasi (base course) dan tanah dasar (subgrade). 
Fungsi lapisan pondasi bawah antara lain : 
  • Sebagai bagian dari konstruksi perkerasan untuk mendukung dan menyebarkan beban roda  
  • Mencapai efisiensi penggunaan material yang relatif murah agar lapisan-lapisan selebihnya dapat dikurangi tebalnya (penghematan biaya konstruksi). 
  • Untuk mencegah tanah dasar masuk ke dalam lapis pondasi.
  • Sebagai lapis pertama agar pelaksanaan dapat berjalan lancar.
Bermacam-macam tipe tanah setempat (CBR ≥50%, PI≤ 10%) yang relatif baik dari tanah dasar dapat digunakan sebagai bahan pondasi bawah.

Lapisan Tanah Dasar (Sub Grade Course) 

Lapisan tanah dasar dapat berupa tanah asli yang dipadatkan jika tanah aslinya baik, tanah yang didatangkan dari tempat lain dan dipadatkan atau tanah yang distabilisasi dengan kapur atau bahan lainnya.















Komentar