Gambar Proyeksi MBS

Ruang Henti Khusus [RHK] Sepeda Motor [3]


Perancangan Marka

Bahan marka berwarna putih yang digunakan untuk RHK adalah Cold Plastic MMA Resin atau Thermoplastic dengan ketebalan 3 mm, sedangkan marka area berwarna merah RHK hanya menggunakan jenis marka Cold Plastic. Berdasarkan jenisnya, marka yang digunakan untuk RHK adalah:

a. Marka membujur dan marka melintang

  1. Marka membujur garis tepu, marka melintang garis henti dan marka melintang garis pemisah marka RHK berupa garis menerus yang menjadi garis tepi RHK sepeda motor.
  2. Marka ini berfungsi untuk memperjelas batas-batas RHK dan sebagai area tempat sepeda motor berhenti.
  3. Marka ini menggunakan bahan cold plastic atau Thermoplastic dan ketebalan marka adalah 3 mm dengan warna marka putih. Marka membujur garis tepi dan marka melintang garis pemisah RHK memiliki lebar 15 cm, marka melintang garis henti mempunyai lebar 30 cm.
  4. Marka membujur garis tepi memiliki tiga garis marka yaitu garis tepi luar, garis tepi dalam dan garis pengarah. Garis pengarah dimulai dari marka melintang garis henti kendaraan roda empat atau lebih dengan panjang 20 m. Marka membujur garis tepi, marka melintang garis pemisah RHK dan marka melintang garis henti RHK dengan dan tanpa lajur pendekat ditunjukkan pada gambar berikut.


Gambar 10. Marka membujur garis utuh dan marka melintang garis henti pada RHK tipe kotak


Gambar 11 Marka membujur garis utuh dan marka melintang garis henti pada RHK tipe P

5. Garis pengarah yang terdapat pada area RHK memiliki panjang jarak antara marka melintang garis henti sepeda motor dan kendaraan roda empat dan lambang sepeda mototr dibagi dua. Panjang marka membujur garis pengarah dapat dilihat pada Tabel 6 dan Tabel 7.

b. Marka Area

  1. Marka area RHK di persimpangan digunakan untuk mempertegas keberadaan RHK dan berbentuk persegi empat untuk RHK tipe kotak, atau berbentuk P dengan tambahan area di pendekat simpang kiri untuk RHK tipe P.
  2. Marka area RHK mempunyai ukuran sesuai dengan lebar jalan dan panjangnya ditentukan dari penumpukan sepeda motor dari hasil survei pada saat perancangan desain RHK.
  3. Marka area RHK menggunakan bahan cold plastic warna merah dan memiliki tiga lapisan, yaitu lapis satu adalah marka cold plastic warna merah, lapis dua agregat merah dan lapis tiga marka cold plastic warna merah. Marka merah RHK tipe kotak dan RHK tipe P serta detal potongannya ditunjukkan pada gambar dibawah.
Gambar 12. Marka area RHK tipe kotak

Gambar 13. Marka area RHK tipe P


Gambar 14. Detail Potongan I

c. Marka lambang sepeda motor

Marka lambang sepeda motor diarea RHK
  1. Berfungsi untuk menunjukkan bahwa area tersebut adalah khusus untuk berhentinya sepeda motor saat menunggu waktu merah di persimpangan.
  2. Marka lambang sepeda motor berupa gambar pada perkerasan jalan yang melintang terhadap arah lalu lintas dan terletak di atas marka area merah RHK
  3. Bahan yang digunakan berupa   bahan cold plastic MMA resin atau merka thermoplastic berwarna putih. Penempatan marka lambang RHK untuk tipe kotak dan tipe P ditunjukkan pada gambar dibawah. ukuran marka lambang sepeda motor berhubungan dengan panjang bagian utama RHK yang ditunjukkan pada Tabel 8.



Gambar 15. Penempatan marka lambang sepeda motor tipe kotak


Gambar 16. Penempatan lambang sepeda motor tipe P

d. Marka Lambang Panah

  1. Berfungsi sebagai pemberi petunjuk arah pada masing-masing lajur yang menuju RHK
  2. Marka panah ditempatkan dengan jarak lima meter di belakang marka melintang garis henti kendaraan roda empat atau lebih.
  3. Bahan yang digunakan berupa bahan cold plastic MMA resin atau marka thermoplastic berwarna putih. Marka lambang panah pada RHK ditunjukkan pada gambar dibawah.



Gambar 17. Ukuran marka lambang panah

Perancangan rambu petunjuk RHK

Ketentuan dalam merancang rambu petunjuk RHK adalah sebagai berikut:
  1. Rambu yang digunakan merupakan rambu dengan tiang F dengan tiang rambu pipa baja berdiameter dalam minimum 6 inci yang digalvanisasi dengan proses celupan panas
  2. Rambu petunjuk RHK harus mempunyai permukaan bahan yang memantul dan lembaran pemantul yang dianjurkan adalah minimum grade III (ASTM D4956)
  3. Pelat untuk rambu harus merupakan lembaran rata dari campuran aluminium keras. Mutu beton yang digunakan untuk pondasi rambu jalan adalah minimum kelaas K-175
  4. Rambu ini ditempatkan pada jara 30-50 meter sebelum memasuki persimpangan yang terdapat RHK. Rambu RHK ditunjukkan pada Gambar dibawah.


Gambar 18. Rambu perintah RHK




Materi selanjutnya contoh perhitungan perencanaan RHK klik disini

Materi Sebelumya Ruang Henti Khusus [RHK] Sepeda Motor [2] klik disini


Sumber : Perencanaan teknis ruang henti khusus (RHK) sepeda motor pada simpang bersinyal di kawasan perkotaan

Komentar